Company-Profile

Siapa Kami

Company-Profile
                                                                                                                                          Toto Suhendro & Isteri (Ardanarti)

Nama TOGAPURI dan Awal Berdiri.

TOGAPURI adalah sebuah kebun tanaman Obat seluas kurang lebih 1(satu) ha. Lokasinya di Jalan Raya Cilembu, Dusun Lebakjawa, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang Jabar. Terletak di lereng G.Kareumbi dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut sehingga hawanya sejuk. Pemandangan alam di kebun dan sekitarnya sungguh indah.

Diberi nama TOGAPURI yang mempunyai asal kata  TOGA dan PURI. TOGA merupakan singkatan dari Tanaman Obat KeluarGa atau TOto dan keluarGAPURI mempunyai arti  Istana. Jadi makna TOGAPURI adalah Istananya tanaman obat yang dikelola oleh Toto (Pendiri) dan keluarga.

Dibangun sejak  10 April 2003 dan mulai menerima kunjungan tamu pada 25 Desember 2004.   Merupakan usaha pribadi/perorangan dari pemiliknya yang bernama Toto Suhendro (pensiunan BUMN  di Bandung tahun 2005).

Saat ini dikelola bersama dengan isterinya yang bernama Ardanarti dibantu oleh para  karyawan  yang berasal dari penduduk sekitar kebun.

Misi pertama mendirikan kebun ini adalah untuk memberikan pemahaman dan berbagi pengalaman  kepada masyarakat tentang hidup sehat berbasis  tanaman obat. Misi kedua yaitu membantu masyarakat luas dalam hal pengobatan untuk berbagai penyakit dengan basis herbal. Dan misi ketiga, membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kebun dan masyarakat luas.

Ada sekitar 300 jenis tanaman obat dibudidayakan disana. Dari sejumlah itu ada yang berupa tanaman liar, tanaman buah, tanaman sayur, tanaman hias dan bunga, tanaman keras serta  tanaman rimpang. Disamping dimanfaatkan sebagai obat dalam kemasan kapsul, dari  berbagai tanaman yang mengandung obat tadi  juga dimanfaatkan untuk makanan dan minuman bagi para tamu yang hadir kesana.

Bagi tamu yang menginap,menu TOGAPURI selalu berubah setiap harinya dengan menekankan kepada manfaat untuk kesehatan dan kelezatan dalam cita rasa. Selain itu, seluruh masakan tidak menggunakan bumbu masak (vetsin) namun dapat menampilkan keunikan karena berbahan baku tanaman obat yang lezat cita rasanya. Intinya, TOGAPURI selalu berusaha menyajikan hidangan yang sehat, lezat dan unik sehingga bagi para tamu yang hadir, bila saatnya makan tiba adalah  merupakan momen untuk bersenang-senang dengan  menikmati makanan sekaligus mendapatkan kesehatan. Apalagi, dipadu dengan kondisi tempat makan  yang asri karena berada ditengah lokasi dengan berbagai tanaman obat, udaranya yang  sejuk ditambah dengan tempatnya  yang bersih lagi  nyaman maka suasana makan benar-benar mempunyai sensasi tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *