6-Tubuh

Tubuh Terdiri Atas Apa Yang Kita Makan

Fungsi  makanan bagi tubuh.

Firman Allah dalam Al Qur’an :”Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”(QS 80:24).

Para ahli gizi mengatakan  : “We are what we eat”  (tubuh kita terdiri atas apa yang kita makan). Bila makanan kita cukup bergizi, tubuh kita sehat. Tetapi bila tidak ada mineral organiknya, kesehatan tubuh akan terganggu.

Ada beberapa fungsi makanan yang perlu diperhatikan yaitu :

  • sebagai sumber tenaga,
  • untuk menghangatkan dan menguatkan tubuh,
  • mengganti bagian-bagian sel tubuh yang sudah rusak  atau aus.

Ausnya sel-sel tubuh bila terjadi pada organ jantung atau kelenjar penting lainnya bisa menyebabkan masalah besar. Jantung menjadi tidak berfungsi secara baik. Akibatnya, kehidupan  si penderita bisa terancam. Oleh karena itu, peran  makanan bergizi menjadi sangat berarti bagi kebutuhan tubuh.

 

Unsur makanan yang diperlukan tubuh.

Terdapat beberapa unsur  makanan yang diperlukan  oleh tubuh manusia, yaitu :

  • Protein

Dibutuhkan untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel-sel yang aus dan  rusak  serta mendukung ketahanannya. Ada protein hewani ( daging,ikan , susu, keju, telur ) dan  protein nabati (tahu, tempe, kacang, kedelai).

  • Karbohidrat

Dibutuhkan sebagai  sumber tenaga. Mereka yang bekerja  menggunakan otot atau sebagai tenaga kasar ( kuli bangunan, tukang becak , kuli panggul) memerlukan karbohidrat yang lebih banyak daripada pekerja kantoran yang menggunakan  otak.

  • Lemak

Diperlukan tubuh sebagai  penghangat dan pelindung organ penting  seperti paru-paru, jantung dan hati.

  • Mineral

Dengan adanya mineral, tubuh menjadi  kuat, menolong pembekuan darah,membentuk haemoglobin dan  mengatur etabolism  tubuh. Contoh mineral adalah kalsium, ferum, yodium, klor dan fosfor.

  • Vitamin

Banyak manfaat vitamin bagi tubuh yaitu untuk kesehatan urat syaraf, mencegah pendarahan, meningkatkan pertumbuhan , untuk kesehatan gigi, menolong pembekuan darah  dan mencegah terjadinya infeksi.

  • Enzym

Tubuh sendiri sudah  menyediakan enzyme namun masih memerlukan enzyme dari makanan. Contohnya : buah dan sayuran segar yang dimakan mentah  maupun diminum jusnya.

Enzym sangat berguna untuk manusia berusia lanjut dan berusia panjang karena pada saat itu kondisi enzymnya   turun etabol.   Memerlukan  pasokan enzym  dari luar berupa makanan.

Dr Edward Howell, pakar nutrisi dari Amerika menyebutkan bahwa enzim adalah satu-satunya pekerja dalam tubuh kita. Enzim lah yang membangun tubuh dengan bahan baku dari protein, karbohidrat, vitamin dan lemak, sebagaimana rumah kita dibangun dari batu dan semen.

Itulah  sebabnya, meski  tubuh kita cukup memperoleh semua zat gizi yang dibutuhkan, tanpa adanya enzim akan sia-sia saja. Semua proses biologis  akan tergangggu dan daya tahan serta aktivitas fungsi tubuh pun menurun.

  • Air

Diperlukan  untuk proses sistim tubuh.

 

Tips  Ramadhan

  • Berbuka dan sahur dengan makanan  cukup gizi.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan enzyme dan vitaman.
  • Minum air putih cukup banyak agar metabolism tubuh terjaga.

Selamat  berpuasa, sukses selalu.


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *