10 Blewah

Timun Suri dan Blewah Penggugah Selera Saat Berbuka

Bulan puasa kali ini bertepatan dengan musim kemarau. Udara terasa panas dan kering. Setelah seharian menahan dahaga karena puasa maka kenikmatan yang luar biasa adalah waktu berbuka dengan segelas es buah yang segar. Ada buah segar yang tidak pernah absen dari meja makan saat berbuka puasa yaitu Timun suri dan Blewah. Kehadiran kedua  jenis buah ini sungguh menjadikan bulan puasa semakin lengkap dan semarak.

Timun suri.

Mempunyai nama ilmiah Cucumis sativus. Bentuk lonjong  dan warnanya  kuning, putih atau hijau.  Jauh lebih besar dari buah timun dengan tekstur kulit halus dan mudah rusak saat matang. Aromanya harum, dagingnya lembut bercita rasa manis. Kandungan airnya cukup  banyak  sehingga bisa memberi rasa kesegaran.  Bermanfaat  untuk kesehatan karena kandungan seratnya tinggi sehingga mampu mencegah kanker saluran pencernaan (usus).Vitamin C  didalam Timun suri juga tinggi sehingga mampu  mencegah flu dan infeksi serta meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini kaya akan provitamin A,mineral dan kalium. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah ini adalah  menurunkan tekanan darah,  menyehatkan fungsi ginjal dan limpa. Dipakai sebagai bahan dasar es campur atau  koktail buah.

Blewah.

Disaat bulan puasa, penjualan buah ini biasa disandingkan dengan Timun suri.  Menyandang nama ilmiah  Cucumis melo. Buah ini  mempunyai banyak kandungan yang menyehatkan  antara lain energi, karbohidrat, vitamin C dan vitamin A. Bahkan vitamin A nya lebih banyak daripada Semangka.Selain itu , Blewah  banyak mengandung monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Tidak berbeda dengan Timun suri, kandungan  yang paling dominan adalah  air sehingga cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh. Istilahnya bisa dipakai sebagai isotonik alami. Kandungan  seratnya yang tinggi mampu  membantu  metabolisme  tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang mampu untuk membantu meredakan panas dalam. Kandungan vitamin A, C dan E nya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas. Manfaat lain dari Blewah yang menyehatkan adalah membantu mengendalikan hipertensi, hiperkolesterol, diabetes mellitus dan  meningkatkan fungsi ginjal serta  limpa.

Buahnya berbentuk bulat lonjong, berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Dibalik kulitnya yang tipis terdapat daging buah yang relatif lembut  dan bertekstur. Didalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat. Umumnya dikonsumsi dengan es dan sirup. Supaya tidak  mengalami radang tenggorokan, sebaiknya diminum menggunakan gula asli.  Disamping nikmat  dikonsumsi  sebagai es buah, blewah juga enak bila dimakan langsung. Jika sudah dipotong, Blewah hanya bertahan sehari. Bila ditutup rapat dapat  bertahan 3 hari. Jangan memnyimpan buah ini dalam keadaan terpotong. Usahakan sekali penyajian langsung habis.

 

Tradisi bulan Ramadhan.

Ketersediaan kedua jenis buah ini sangat mudah diperoleh dimana-mana apalagi di bulan Puasa Ramadhan. Tingkat penjualannya melambung pada bulan ini karena sudah menjadi semacam tradisi di Indonesia untuk menyediakan minuman dari buah segar  saat  berbuka puasa. Salah satu bahan utamanya adalah Timun suri dan Blewah.  Minuman segar dari kedua buah ini sungguh menggugah selera dan menyehatkan. Jadi,…. tunggu apalagi ?


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *