9-Tubuh

Sudahkah Anda Makan Sayuran Hari Ini?

Sudah tidak diragukan lagi, sayuran mengandung banyak  vitamin dan mineral. Kondisi ini menyebabkan tubuh kita terjaga dari serangan penyakit dan terpelihara kesehatannya. Serat yang terdapat didalam sayuran juga mampu mengikat kolesterol jahat dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali didalam tubuh.Nenek moyang telah mengajarkan kepada kita bagaimana cara memanfaatkan sayuran ini menjadi sebuah masakan yang lezat sekaligus memberi kesehatan tubuh. Problem utama para ibu rumah tangga adalah memilih sayuran yang bermanfaat, meramunya menjadi sebuah masakan yang lezat sekaligus  sesuai dengan isi kantong.

 

Jenis sayuran sehat dan bermanfaat

Ada beberapa jenis sayuran yang dapat dijadikan pilihan sebagai menu di bulan Ramadhan kali ini.

Brokoli, rasanya enak bila dimakan mentah baik  dalam bentuk salad maupun lalap. Berdasarkan penelitian dari Royal Pharmaceutical Sosiety, brokoli baik untuk mengatasi masalah  gangguan alzhaimer dan meningkatkan daya kerja otak. Merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat menurunkan berat tubuh.Kaya akan potasium, fosfor dan belerang. Kandungannya 90% terdiri air dengan kadar karbohidrat dan lemak rendah.Brokoli, kaya serat yang dapat mencegah kanker saluran pencernaan, sembelit  dan kanker kandung kemih.Konsumsi brokoli  ½ mangkuk setiap minggu mampu menekan resiko kanker hingga 44%.Manfaat lain, menurunkan resiko gangguan jantung dan stroke.Penderita diabetes mellitus juga bagus mengkonsumsi sayuran ini karena kandungan kromiumnya bagus untuk membantu kerja insulin.

Kacang kedelai, sangat dikenal di Indonesia. Harganya murah, bisa diperoleh dimana-mana. Merupakan bahan bakunya  tahu,tempe dan kecap yang menjadi makanan favorit bangsa kita. Proteinnya mencapai 34%, karbohidrat 33,5 %, lemak 17,7% , air 10% dan ampas 4,7%. Jangan salah, kadar protein kedelai hampir  2 kali lipat kadar protein hewani. Kedelai juga mengandung vitamani A,B1 dan F. Banyak manfaat kacang kedelai, diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi . Vitamin F nya dapat membantu lubrikasi semua sel, menolong proses pembekuan darah dan membuat kulit selalu tampak bercahaya alias kinclong. Dapat dibuat susu kedelai yang ternyata khasiatnya  4 kali lebih besar daripada tahu dan 2 kali lebih besar dari tempe. Hebat to…???

Pare, rasanya pahit sehingga sebahagian orang kurang suka. Istilah sundanya Paria.Sering dipakai sebagai bahan campuran bakso tahu. Hasil penelitian di Jepang,Jerman dan Inggris,diketemukan bahwa Pare mengandung saponin, antioksidan, glikosida, cucurbitacin, flavonoid, charantin dan momordicin yang bermanfaat untuk mengobati diabetes mellitus. Manfaat lain adalah sebagai obat cacing, obat batuk, sariawan, obat luka, anti malaria dan penambah nafsu makan.

Wortel, mengandung banyak vitamin A selain vitamin B,C,D,E,G dan K.Juga mengandung belerang, klor dan fosfor.Sari wortel berisi hampir semua mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.Merupakan salah satu sumber kalsium terbaik sehingga jika diminum  ½ liter sehari lebih besar nilainya dalam membangun tubuh daripada meminum 10 kilogram tablet kalsium.

 

Tips Ramdhan.

Jangan ragu makan sayuran demi kebutuhan tubuh Anda. Bagi yang tidak suka sayuran, belajarlah mencintainya demi tabungan kesehatan Anda dikemudian hari.

Untuk hidangan makanannya jangan ragu  menyediakan tahu, tempe dan susu kedelai karena khasiatnya sungguh luarbiasa. Selamat berpuasa.

 

Sumber : anneahira.com, Rahasia sehat dg jus buah dan sayuran, Budi Sutomo  & dr. Ibrahim, Demedia Pustaka, 2009,

                  Terapi Jus, Cara alami menaklukkan 99 jenispenyakit – Dr. R.A.Nainggolan – Agromedia Pustaka – 2006.


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *