15 Wortel

Si “Oranye Tua” Kaya Vitamin A

Koleksi  kuliner bangsa Indonesia sungguh sangat banyak dan beragam. Hampir setiap suku di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 300 etnis mempunyai ramuan resep masakan sendiri. Ada karedok dari Sunda, rendang dari Padang, coto Makasar, gudeg Yogya,rujak cingur Surabaya, bubur Manado, soto Banjar dari Kalimantan dll. Diantara sekian ragam kuliner tadi terdapat satu jenis masakan yang bisa di terima oleh semua lidah yaitu sop sayuran. Sejak balita kita sudah dikenalkan jenis masakan ini. Didalamnya terdapat kuah kaldu, daging ayam atau sapi dan sayuran berupa kentang, seledri  serta wortel. Warna wortel yang oranye tua disamping  mempercantik  masakan juga menambah rasa dan khasiat. Warna oranye  tadi menunjukkan bahwa wortel merupakan gudangnya vitamin A dan betakaroten.

Asal usul wortel.

Wortel dengan nama ilmiah Daucus carota L. bukan tanaman asli Indonesia. Ia berasal dari negeri yang beriklim sub-tropis  yaitu Asia Timur  dan Asia Tengah. Ia ditemukan tumbuh liar sekitar 6.500 tahun lalu. Budidaya wortel pada mulanya terjadi di daerah sekitar Laut Tengah kemudian menyebar luas ke kawasan Eropa, Afrika, Asia dan akhirnya ke seluruh dunia.

Pada awalnya, budidaya wortel di Indonesia hanya terkonsentrasi di Jawa Barat yaitu daerah Lembang dan Cipanas. Saat ini sudah  tersebar di 16 propinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bali, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku dan Irian Jaya.

Kandungan dan khasiat wortel.

Dalam setiap 100 gram wortel  mengandung 12.000 S.I vitamin A. Selain sebagai “gudang vitamin A serta nutrisi”, juga berkhasiat untuk penyakit dan memelihara kecantikan. Wortel juga  mengandung enzim pencernaan dan berfungsi diuretik. Meminum segelas sari daun wortel segar ditambah garam dan sesendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk mengantisipasi pembentukan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung dan hati. Bahkan dengan hanya mengunyah daun wortel dapat menyembuhkan luka-luka dalam mulut/nafas bau, gusi berdarah dan sariawan.Kadar beta-karoten yang terkandung dalam wortel lebih banyak dibanding kangkung, caisim dan bayam.Beta karoten ini dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Kandungan tinggi antioksidan karoten juga terbukti dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif. Bila ingin menghaluskan wajah, ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut.  Langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering kemudian bilas.

Sebuah percobaan di Skotlandia sekitar tahun 1979 menunjukkan orang sehat yang makan 7 ons wortel mentah setiap hari, kadar kolesterol darah mereka turun sampai 11 persen.
Mengkonsumsi wortel selama tiga minggu juga menurunkan risiko serangan jantung sekitar 22 persen. Makan wortel paling sedikit lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sebesar 68 persen.Kombinasi wortel dan lobak  juga bermanfaat untuk penderita sakit jantung koroner dan ginjal. Sedangkan kombinasi wortel, tomat  dan nanas akan memperbaiki sistem metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol darah dan asam urat.Bagaimana dengan Puasa Ramadan Anda kali ini ? Kepingin tetap sehat dan tamat ? Jangan lewatkan  wortel pada setiap sajian menu puasa Anda. Bisa berupa makanan sayuran maupun minuman jus. Selamat menikmati  si “oranye tua” demi  kesehatan Anda.


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *