19 Strawberry

Si Cantik Kaya Nutrisi

Masyarakat kita sudah tidak asing lagi  dengan stroberi walaupun buah ini bukan berasal dari Indonesia.  Bahkan, Urang Sunda, sudah terbiasa berwisata ke kebun stroberi sambil memetik buah masak langsung dari kebun. Wisata petik stroberi langsung dari kebun memang sedang ngetrend, khususnya di sentra budidaya yaitu di daerah Lembang dan Cianjur. Bagi anak-anak, buah ini termasuk paling favorite. Bila mereka diminta memilih beberapa jenis rasa es krim maka rasa stroberi termasuk pilihan utama. Bentuknya yang  cantik seperti hati dan warna merahnya yang menyala dipadu dengan biji-biji kecil warna putih, sungguh menggoda untuk dicicipi. Buah yang berwarna merah indah ini menurut ahli Botani adalah kumpulan dari bunga dan benih (butir-butir kecil) dari  stroberi. Buah yang sebenarnya adalah biji kecil yang tersebar di permukaan buah tersebut. Oleh karenanya, ada juga yang menyebut bahwa stroberi bukan keluarga buah-buahan tetapi kacang-kacangan.

Cita rasanya yang  asam segar, cocok dijadikan bahan jus, selai, topping kue atau dimakan untuk camilan. Buah stroberi dimanfaatkan sebagai makanan dalam keadaan segar atau olahannya.

 

Kandungan dan manfaat.

Stroberi ( Fragaria chiloensis L. / F. vesca L. ) merupakan tanaman buah berupa herba yang ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Salah satu spesies tanaman stroberi yaitu Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Namun, spesies Fragaria vesca L. lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Nama buah stroberi berasal dari bahasa Inggris kuno, streawberige, yakni berarti sedotan (straw) dan buah beri (berry).

Stroberi sangat kaya akan nutrisi. Setiap 100 g stroberi mengandung  protein 0.8 g, lemak 0.5 g, karbohidrat 8 g dan energi 37 kkal. Sedangkan mineral potensial terdiri dari kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, zat besi 0,8, magnesium 10 mg, potassium 27 mg, selenium 0,7 mg, vitamin A 60 SI, vitamin C 0,03 mg dan asam folat 17,7 mcg asam folat.

Buah segar ini juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, vitamin B5. vitamin B6, magnesium, omega 3, mangan, folic acid, potasium, riboflavin. Selain itu juga mengandung fitonutrient dan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Zat antioksidan itu dipercaya yang menghasilkan warna merah pada stroberi.

Dilihat dari banyaknya kandungan, stroberi menyimpan banyak manfaat. Kandungan nutrisinya sangat baik untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, diantaranya arthritis, kanker, kesehatan mata, kerusakan fungsi otak,tekanan darah tinggi, jantung,mencegah radang tulang dan plak gigi.

 

Tips minuman buka puasa.

Di bulan Puasa seperti saat ini, Anda yang muslim biasanya selalu sedia kurma kan ?. Yuk, kita coba membuat minuman sehat  yang menyegarkan dari buah kurma dan stroberi.Kita buat untuk 3 porsi ya?. Bahannya adalah 50 ml sari kurma,200 gram stroberi dingin,200 ml susu cair dingin,75 gram gula pasir dan 300 gram es serut. Bahan pelengkap, krim kocok.

Cara membuatnya, blender stroberi, susu cair, gula pasir dan es serut sampai lembut.

Tuang sari kurma dalam gelas. Tambahkan blenderan stroberi. Sajikan dingin dengan krim kocok.

Perpaduan antara kurma dan stroberi ditambah dengan susu, sungguh lezat rasanya sekaligus  menyehatkan. Tentunya , sangat cocok sebagai  pengiring berbuka puasa. Selamat mencoba, sehat selalu.


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *