4 Sehat

Pencernaan Sehat Berkat Tanaman Obat

Apotik hidup ada disekitar rumah.

Ketika menjumpai begitu banyak semak belukar disekeliling rumah Anda, apakah yang terbesit di benak ? Ambil sabit dan golok untuk bersih-bersih  atau panggil tukang rumput untuk membereskannya? Terbayangkah oleh Anda bahwa diantara rumput liar tadi banyak diantaranya yang mengandung obat ? Bahkan kemungkinan  ada yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan Anda.  Terpikirkah oleh Anda bahwa pohon buah-buahan yang Anda tanam  seperti pepaya mempunyai khasiat tinggi untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan ?

Komplikasi gangguan pencernaan.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan terhadap para pasien yang datang ke Klinik pengobatan TOGAPURI, banyak  diantaranya yang menderita gangguan pencernaan.  Mereka yang pencernaannya terganggu biasanya juga punya potensi  masalah dengan tekanan darahnya. Kecenderungannya adalah gangguan tekanan darah tinggi (hipertensi). Atau sebaliknya , yang punya masalah hipertensi menahun, cenderung punya masalah  kesehatan di bagian pencernaan. Sayangnya gangguan pencernaan ini sering dianggap sudah biasa sehingga tidak pernah tuntas penyelesaiannya. Gangguan pencernaan, biasanya juga menimbulkan komplikasi  atau berpotensi menderita alergi . Bisa alergi terhadap cuaca ( tidak tahan cuaca panas atau dingin), debu, alergi terhadap beberapa jenis makanan atau  minuman. Untuk pengobatan secara holistic maka semua gangguan tadi harus diobati .

Jamu , pengobatan warisan nenek moyang.

Banyak gangguan kesehatan sebenarnya dapat diatasi dengan aman  oleh tanaman obat. Khususnya berbagai penyakit  degeneratif atau penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Termasuk diantaranya adalah gangguan pencernaan atau lambung (maag). Secara tradisional, pengobatan menggunakan  tanaman obat ini disebut jamu. Hampir diseluruh etnik di Indonesia mempunyai ramuan jamu tradisional untuk mengatasi berbagi penyakit. Konon ceriteranya , nenek moyang kita sudah ahli dibidang pengolahan tanaman menjadi obat sejak abad ke 5 seiring dengan tumbuhnya berbagai kerajaan di seluruh kepulauan Nusantara.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan menjadi obat. Bisa berupa tanaman liar, buah-buahan, sayuran, tanaman hias  dan  tanaman keras. Cara konsumsinya pun bervariasi. Ada yang harus diseduh , direbus,diekstrak maupun dimakan langsung.

Memperlancar pembuangan sisa pencernaan dengan pepaya.

Berdasarkan ilmu  tanaman obat, ada sekitar 40 an jenis tanaman obat  yang bisa dimanfaatkan untuk membenahi gangguan pencernaan. Salah satunya adalah buah pepaya (Carica papaya). Ingat waktu kecil dulu, bila tidak doyan makan  dibuatkan “cekok” dari daun papaya.  Rasanya pahit sekali dan baunya sangat tidak enak namun cukup manjur.  Harganya murah, mudah didapat setiap saat. Cara konsumsinya, cari yang matang, kupas kulitnya kemudian leeee…ppppp masukkan ke  mulut. Dikunyah sampai lembut.Nikmati manis dan kesegarannya   saat berbuka puasa. Badan terasa segar, esok hari pembuangan lancar.  Ibadah puasa,   menjadi sungguh nikmat….!!!


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *