17 Tomat

Merahnya Tomat, Membuat Sehat

Bagaimanakah  rasanya  bila  Anda makan mie bakso tanpa saus tomat ? Pastinya ada yang terasa kurang bukan ?  Kita memang sudah sangat akrab dengan buah yang namanya tomat ini. Dari buah ini bisa dibuat bermacam olahan seperti jus, saus, pasta,sambal , sambal, sup dll.Tomat merupakan salah satu makanan yang selalu menarik dan lezat disajikan baik dalam keadaan mentah atau dimasak. Rasanya yang sedikit asam  justru membuat selera makan menjadi meningkat. Selain lezat, tentunya Anda sudah tahu kalau tomat juga baik bagi kesehatan. Baru-baru ini, ilmuwan dari Addenbrooke’s Hospital, Cambridge, meluncurkan suplemen yang mengandung ekstrak tomat. Suplemen tersebut diklaim oleh dunia kedokteran sebagai obat penyakit jantung. 

Asal usul tomat

Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith  dalam “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman ini ke koloni-koloni nya  di Karibia.  Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh  benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke  Eropa.

Kandungan dan manfaat tomat.

Buah tomat menyandang nama ilmiah  Solanum lycopersicum. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Belakangan diketahui bahwa lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. “Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.  Kandungan vitamin C dan vitamin A nya cukup tinggi sehingga  bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat khasiat tomat begitu banyak maka sangat  baik dikonsumsi oleh siapapun sejak usia dini.”  terang Dr.Leane Manurung MSc, seorang ahli gizi. Untuk mendapat khasiatnya, terutama bagi  orang dewasa, tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah lanjut Leane. Seyogyanya, cara konsumsi tomat  lebih baik dicampur dengan masakan atau dihancurkan terlebih dahulu sebelum dimakan. Para peneliti menemukan bahwa lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut  menjadi lebih banyak  bila dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu.

Di Prancis, tomat dinamakan apel cinta atau pomme d’amour. Dikatakan seperti itu, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan bisa meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

Pada November 1834, DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang melakukan penelitian  terhadap manfaat tomat , menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever.

Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Dari hasil penelitian tersebut,  diketahui bahwa gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah. Bila tidak ditangani serius , penggumpalan darah ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Wah, banyak ya khasiat  buah berwarna merah ini. Oleh karena itu,  jangan segan menyediakan segelas  jus tomat atau sepiring  sup tomat  sebagai menu  Anda saat berbuka puasa. Salam sehat ..!!


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *