Patch ur system :(

Buah apakah yang kita butuhkan di saat musim kemarau seperti sekarang ini ? Salah satunya  adalah semangka. Kandungan airnya yang berlimpah ditambah rasa manisnya yang khas sungguh membuat rasa dahaga hilang seketika. Bentuknya bulat, warna kulitnya hijau pekat, hijau muda atau hijau tua  dengan larik-larik warna hijau muda.  Memiliki kulit yang keras  dengan  daging buah   yang berair. Warna buahnya merah atau kuning. Buah semangka bisa dimakan segar atau dibuat minuman jus. Bila Anda pernah  makan kuaci maka camilan itu adalah hasil proses pemanfaatan biji semangka. Awalnya, biji tersebut dikeringkan kemudian disangrai. Kuaci yang kita makan adalah isi dari biji semangka yang biasa disebut kotiledon.

Asal muasal semangka.

Semangka atau tembikai  mempunyai nama ilmiah Citrullus lanatus. Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir.   Berdasarkan kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini dipakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka.   Dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia. Ada bagian terpenting yang tidak boleh kita lewatkan bila makan semangka  yaitu bagian warna hijau dekat kulit karena banyak kandungan nutrisinya.

Kandungan dan manfaat.

Semangka mengandung Likopen yang merupakan salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Dibandingkan dengan antioksidan lain seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen didalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Dialam bebas, radikal bebas bisa berlangsung tak terkendali karena Popi Makan, Lusi Hidup ( Pola Pikir, Pola Makan, Polusi dan Pola Hidup). Akibatnya, kekebalan tubuh menurun, berbagai penyakit datang, kulit tubuh menjadi kering, suram dan kendur.Likopen mampu menumpas bibit kanker. Oleh karena itu, konsumsi semangka setiap hari tidak masalah, justru dapat menyusutkan resiko berbagai penyakit kanker seperti : mulut rahim, pencernaan, rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus besar, anus dan prostat. Likopen ternyata juga berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, segar dan lebih muda. Bagi para lansia, semangka mampu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. Untuk para ibu hamil peranan semangka juga sangat besar  antara lain : meringankan gejala heartburn atau rasa pedas pada perut, mengurangi perasaan mual, membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trisemester pertama, sebagai penambah cairan tubuh, pencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trisemester pertama  dan  membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin. Semangka memberi solusi terhadap masalah libido. Buah ini ternyata bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. Bagi mereka yang rindu punya keturunan, buah ini juga bisa sangat membantu. Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa  sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi tanpa efek samping sama sekali. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas serta  kadar airnya berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung sehingga bagus untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Bagi yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi, kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C dapat membantu sel-sel  tubuh tetap sehat. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.   Buah ini juga bisa dipakai untuk menurunkan demam   dan  mencegah sariawan dengan ampuh. Jadi, tidak ada salahnya  di bulan puasa ini, koleksi buah-buahan dimeja makan Anda ditambah dengan semangka. Manis dan segar sekaligus menyehatkan. Kenapa tidak ?

Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *