5 Pepaya

Berkat Pepaya, Pembuangan Lancar, Puasa Lancar

Buah Pepaya dalam lagu nostalgia.

Bagi Anda yang saat ini telah berusia diatas 55 tahun, mungkin pernah mendengar lagu dibawah ini :

“ Pepaya, mangga pisang jambu..

   Dibawa dari pasar Minggu…

   Disana banyak penjualnya…

   Dikota, banyak pembelinya…”

 “Pepaya, buah yang berguna…

   Bentuknya sangat sederhana…

   Rasanya manis tidak tawar…

   Membikin badan sehat segar…”

Reff :……………..

…………………………………………………….

Lagu manis dengan irama Cha cha, judulnya “Papaya Cha Cha. Lagu yang sangat terkenal  pada era tahun 55 hingga tahun 60 an . Dinyanyikan oleh penyanyi tenar saat itu, Oslan Husein (?). Lagu ini menggambarkan betapa populernya buah pepaya di masyarakat kita saat itu  hingga diciptakan lagu khusus tentang Pepaya. Lagunya kebetulan enak didengar dan liriknya jenaka sehingga menjadi hit pada jamannya.  Bila Anda ingin menikmati  lagunya, silahkan buka Youtube musik lagu Papaya cha cha.

Manfaat Pepaya (Carica Papaya) bagi kesehatan.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa manfaat buah pepaya sangat banyak. Spesialisasinya untuk mengatasi masalah pencernaan.

Sebagai bangsa Indonesia, kita patut berbangga dan bahagia karena tanaman pepaya bisa tumbuh dimanapun di negeri Nusantara ini.Harganya murah,  bisa diperoleh dimana saja. Namun sayangnya, saat ini banyak diantara kita yang kurang perhatian dengan buah yang satu ini sehingga jarang dikonsumsi lagi sebagai santapan harian wajib . Padahal,pepaya sangat kaya akan enzyme, vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh kita.

Coba bayangkan, kandungan vitamin A nya lebih banyak daripada wortel. Sedangkan vitamin C nya juga lebih banyak daripada jeruk.  Vitamin B kompleks dan vitamin E nya juga berlimpah.

Didalam buah pepaya ada enzym luarbiasa yang bernama “Papain”. Manfaat enzyme ini adalah mempercepat proses pencernaan protein. Problem terbesar  bagi kebanyakan orang  adalah mencerna protein. Dengan adanya papain ini maka pekerjaan mencerna protein menjadi mudah. Papain dalam pepaya  juga mampu memecah serat daging sehingga menjadi lebih mudah untuk dicerna. Jangan heran bila di dunia kuliner atau masak memasak,  pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging. Sifat lain dari pepaya adalah antiseptik sehingga dapat membantu mencegah perkembang biakan bakteri yang merugikan didalam usus. Bila rajin mengkonsumsi pepaya maka flora usus menjadi normal karena kondisi PH ususnya  normal. Dengan kondisi usus sehat maka terhindar dari potensi berbagai penyakit pencernaan.

 

Tips bulan Puasa.

Dari berbagai sumber, ternyata pepaya mengkal atau setengah matang bisa menyebabkan keguguran bila dikonsumsi oleh yang sedang hamil muda. Di Papua Nugini dan Peru, pepaya mengkal dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi.  Untuk amannya, santap saja pepaya yang sudah matang.

Hayooo… Jangan ragu-ragu,.  Rajin-rajinlah  makan pepaya di bulan Ramadhan ini agar pencernaan kita  selalu Jooosss…!! Untuk itu, sediakan selalu pepaya matang di meja makan sebelum waktu buka. Kalau bosan dimakan langsung, bisa di jadikan  juice dengan campuran bahan lain. Bisa juga dijadikan es buah. Atau mungkin dibikin rujak manis yang segar . Selamat berbuka puasa.


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *