13 Pisang

Makan Pisang Manfaat Segudang

Ada buah yang selalu populer sepanjang bulan.  Buah ini bisa dimakan langsung atau perlu diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Dibulan Ramadan, kepopulerannya semakin melambung. Diolah bersama dengan kolang kaling, gula aren dan santan jadilah kolak lezat sebagai makanan wajib saat berbuka. Diluar bulan Puasa, pisang juga tenar sebagai  buah pencuci mulut saat selesai makan. Karena nilai gizinya tinggi , banyak para ibu yang memperkenalkan jenis makanan padat pertama bagi bayinya dengan buah pisang yang dikerok. Banyak penjaja camilan  gorengan disudut persimpangan jalan yang salah satu menu andalannya adalah pisang goreng atau “gorengan pisang”. Nah, saking populernya nama pisang maka kalau jualan kita sangat laris sering diistilahkan dengan kata “laris manis seperti pisang goreng”. Padahal yang kita jual belum tentu pisang goreng.Wajar bila pisang sangat popular karena rasanya manis, enak , mudah didapat, terjangkau harganya, bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan serta  segudang  manfaatnya.

 

Cara konsumsi pisang.

Tanaman buah ini asli dari Asia Tenggara. Namun ada yang menyebutkan bahwa pisang berasal dari Brasilia dan India. Dari sini lalu menyebar ke daerah Pasifik.

Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olahan (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja dan seribu. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.

Buah pisang bisa diolah menjadi berbagai produk seperti sale, kue ataupun arak (di Amerika Latin).Untuk konsumsi, sebaiknya pilihlah pisang yang sudah matang yaitu pisang  yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning. Kondisi seperti  ini akan mudah dicerna  dan gula buah yang diubah menjadi glukosa alami secara cepat akan diserap ke dalam peredaran darah. Pisang yang mentah akan sulit dicerna.Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang relatif populer antara lain kripik pisang asal Lampung, sale pisang dari Bandung, pisang molen Bogor dan pisang epe di Makassar.

 

Manfaat pisang.

Dengan menyandang  nama ilmiah Musa Paradisiaca Linn. ternyata mempunyai berjuta manfaat bagi kesehatan. Dikenal sebagai salah satu makanan super bagi para atlit karena kandungan tiga gula alaminya yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa serta seratnya  mampu memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit nonstop.  Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram. Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Manfaat lain dari pisang bagi kesehatan  adalah membantu mengatasi masalah kesehatan seperti anemia, tekanan darah tinggi ,stroke, meningkatkan konsentrasi, sembelit, depresi,obat mabuk, penyakit jantung,mual pada wanita hamil, gigitan nyamuk, syaraf dan nyeri haid. Ada satu manfaat lagi yang cukup menggembirakan bagi para pecandu rokok yang ingin berhenti merokok.  Kandungan vitamin C, A,B6, B12, kalium dan magnesium pada pisang ternyata sangat membantu  tubuh menjadi cepat sembuh dari  efek racun nikotin. Nah, lho.. kesempatan baik bukan untuk berhenti dari merokok?  Siangnya  menahan diri tidak merokok karena puasa dan setelah buka, banyak-banyaklah konsumsi pisang agar  keinginan merokok menjadi padam. Dampaknya   tubuh menjadi sehat karenanya. Kenapa tidak ?


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *