7 Paya

Makan Buah ? Siapa Takut ?

Makan  buah dan sayuran merupakan perintah Allah swt.

Allah berfirman :

“ Kamilah yang telah mencurahkan air melimpah (dari langit) kemudian Kami belah Bumi dengan sebaik-

baiknya lalu disana Kami tumbuhkan biji-bijian dan anggur dan sayur-sayuran dan zaitun dan pohon

kurma dan kebun-kebun (yang) rindang dan buah-buahan serta rerumputan. (Semua itu)  untuk

kesenanganmu dan untuk hewan-hewan ternakmu”. ( QS 80 : 25 sd.32).

Allah swt telah menciptakan buah dan sayuran untuk  manusia dan hewan ternak dengan tujuan untuk kesenangan. Kesenangan disini bisa bermakna untuk kesehatan tubuh.  Nah, sebagai muslim yang takwa , mengapa kita masih enggan untuk  makan buah dan sayur ?

Khasiat buah terpilih untuk kesehatan tubuh.

  • Avokad ( Alpukat).

Buah bergizi tinggi, bagus  dimakan setiap hari. Bisa dimakan dalam bentuk apapun baik diolah dengan buah atau sayuran lain maupun dimakan tanpa campuran apapun. Kandungannnya terdiri dari 70% air, 20% lemak organik dan 10%  berbagai mineral. Juga mengandung protein dan  vitamin A,B, B2,B3 dan C. Tidak mengandung kolesterol dan sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

  • Apel

Kandungannya terdiri dari magnesium, zat besi, silikon, fosfor, sodium, kalsium, belerang, klor dan potasium. Kandungan yang terakhir ini (potasium) sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan lain adalah berbagai vitamin seperti vitamin A,B,C dan G.

Kandungan zat asam pada Apel berfungsi sebagai  zat pembersih tubuh dan penyembuh peradangan.

  • Lemon.

Kaya dengan bio havonoid yang kalau diminum sarinya akan memberi efek kesehatan tubuh dan memperpanjang usia ( bio havonoid : zat hidup dalam lemon yang merupakan persenyawaan dari zat). Vitamin C nya yang cukup banyak dapat membantu penyembuhan influenza.

  • Nanas

Kaya mineral seperti potasium,klor,sodium,fosfor, magnesium, belerang, kalsium, zat besi dan iodine. Vitamain yang ada dalam nanas  adalah A,B,C, dan G. Terdapat zat ragi bromelani (sejenis enzyme) di dalam sari nanas yang tidak dimasak, menjadikan nanas sebagai anti peradangan yang baik.

  • Pepaya

Tahun 1992, the Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington  USA meneliti manfaat 40 jenis buah. Penilaian didasarkan sembilan jenis vitamin, kalium, dan serat pangan yang terkandung dalam buah terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (AKG). Hasilnya, pepaya ditetapkan sebagai buah yang paling menyehatkan, disusul melon jenis cantaloupe, stroberi, orange, dan tangerine.

Mempunyai kandungan zat papain  dari sari pepaya yang masih hujau dengan fungsi  sebagai pepseni  yang mengubah  zat  telur menjadi peplon didalam proses pencernaan. Hal ini dapat menolong penyembuhan borok perut dalam waktu singkat.

  • Stroberri

Sari buahnya termasuk yang paling banyak manfaatnya dan paling enak diminum. Kandungannya  banyak berisi  zat gula dan zat besi sehingga sangat bagus untuk mencerahkan wajah. Minumlah sari buah stroberi secara teratur setiap hari bila Anda punya masalah : kurang darah (anemia), kulit terkelupas, hati lemah, sembelit dan radang selaput lendir.Buah ini juga bagus untuk menguatkan saraf tubuh.

  • Semangka

Salah satu jenis makanan  yang paling gampang dicerna jika tidak dicampur dengan bahan lain. Kulit bagian dalam kaya dengan mineral, enzyme dan klorofil. Bila di jus,  sebaiknya kulit tersebut disertakan. Kandungan mineralnya adalah potasium, fosfor dan magnesium.Vitamin yang ada dalam semangka adalah A,B,B2 dan C. Sari dan kulit bagian dalam semangka bagus untuk membersihkan ginjal.

  • Tomat

Mengandung banyak mineral magnesium,zat besi, potasium,fosfor, klor,belerang, kalsium , sodium, iodine dan asam amino. Kaya vitamin A,B,C dan G. Sari tomat dapat membantu metabolisme tubuh jika diminum tanpa dimasak. Jika dimasak dan ditambah gula, zat asamnya akan menjadi anorganik dan mengganggu susunan saraf tubuh serta menimbulkan pengerasan dalam ginjal atau kantong kemih.

Tips Ramadhan

  • Selama puasa, sediakan sari buah atau jus buah agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.
  • Lebih efektif bila diminum sebelum makan nasi.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga sehat selalu.


Tulisan ini telah dimuat 
di Harian Galamedia Bandung
Ramadhan 1432 H
oleh Toto Suhendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *